Jakarta – Pemerintah melalui Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan memutuskan melanjutkan reklamasi di Teluk Jakarta terutama Pulau G. Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi tanggapan, bahwa keputusan yang tepat adalah pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Jadi saya pegang statement dari Bu Susi, beliau tokoh yang sangat kita hormati. Dan Bu Susi mengatakan bahwa kebijakan apapun akan berpihak pada rakyat kecil dan nelayan,” ujar Sandiaga di Gedung Gelanggang Remaja Pulogadung, Jl. Pemuda, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2016).

Sandiaga mengaku sudah berbicara dengan Menteri Susi dan mendapati bahwa reklamasi di Pulau G prosesnya masih jauh dari pelaksanaan. Sebab masih ada proses pengkajian di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Termasuk proses perizinannya di KKP, dan proses analisis atas dampak lingkungan (amdal) yang harus dijalankan dengan baik.

“Tentunya kajian yang sekarang dilakukan, saya baru berkoordinasi dengan Ibu Susi Pudjiastuti. Bu Susi menyatakan masih sangat jauh dari kaidah bahwa ini akan dilanjutkan karena ini ada proses Bappenas, proses dari KLHK, setelah itu persetujuan Bu Susi, baru persetujuan dari pemerintah bisa diberikan setelah amdal sudah dilakukan dengan baik,” kata Sandiaga.

Politisi Gerindra itu memandang, bahwa persoalan reklamasi tidak terlepas dari persoalan ekonomi yang dihadapi nelayan dan warga sekitar Teluk Jakarta. Keputusan kelanjutan reklamasi dikatakannya harus memperhatikan kehidupan para warga tersebut.

“Saya melihat bahwa permasalahan yang dihadapi oleh nelayan dan warga sekitar adalah masalah ekonomi. Bagaimana kita bisa menghadirkan sebuah masa depan ekonomi yang lebih sejahtera,” ucap pengusaha itu.

“Kita harus selesaikan aspek dari segi ekonomi, peluang mereka dari menghasilkan mata pencaharian yang layak, bisa hidup di Jakarta,” tambahnya.

Sandiaga berharap, nantinya ada solusi yang juga tidak lepas pertimbangannya atas kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah tersebut.

“Jadi kami berharap ada satu solusi yang dihadirkan bukan hanya untuk kepentingan elite menengah ke atas tapi juga kalangan menengah ke bawah. Karena sebuah kebijakan itu harus berdasarkan asas keadilan. Itu yang kami harapkan,” tuturnya.

#sumber http://news.detik.com/berita/3299197/reklamasi-pulau-g-lanjut-sandiaga-saya-berpegang-pada-statement-bu-susi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY