oleh sendia

beberapa produk UMKM sebenarnya memiliki kualitas bagus untuk menjadi konsumsi masyarakat. Di sisi lain beberapa isu di masyarakat tentang para oknum UMKM tidak bertanggung jawab membuat usaha usaha kecil dan menengah mati tanpa pertanggung jawban framing yang dibuat oleh mediamainstream.

misalkan saja isu bakso formalin dan borak, saus kimia dll yang dilemparkan media media lewat reality show dan investigasi berita. hal inipun menjadi momentum ketidakpercayaan masyarakat akan produk produk UMKM tersebut.

frame yang dibangun sekaan masyarkat sudah dibohongi bertahun tahun atas produk tersebut. akhirnya masyarakat dipaksapercaya bahwa produk yang tidak beriklan adalah jelek, produk yang bukan dari perusahaan besar adalah jelek. akhirnya matilah UMKM atas isu tersebut.
di sisi lain framing media ini menjadi peluang (atau sengaja dibuat) bagi persahaan perusahaan besar untuk mengembangkan produk mereka. sebut saja bakso instan, nughet instan, sambal instan, hingga minyak zaitun yang dikemas oleh perusahaan kosmetik besar.

masyarakat perlu dilindungi.

masyarakat, khususnya UMKM perlu dilindungi. framing media begitu luar bisa mendzalimi pedangan dan produsen produk sederhana. Memang konsumen perlu dilindungi, namun propaganda perlindungan konsumen dengan menumbalkan para pedagang kecil sangat tidak bijaksana.

memasuiki 2015 hingga sekarang produk khas tradisional masyarakat menjadi tidak khas lagi. produk produk UMKM direbut elit global dan pengusaha besar. sehebat apapun pemerintah mendukung permodalan UMKM, tetapi selama image produk mereka dihinakan maka tiada artinya.
perlu lembaga pemjamin kualitas UMKM yang berjalan rael time dan menghancurkan kekakuan LPOM. sebut saja seperti lembaga endorse UMKM.

pasalnya selama ini LPOM hanya bisa menjamin produk dengan pendekatan evaluasi. sehingga produk produk sederhana dianaktirikan, mengingat LPOM adalah lembaga global menjamin semua kualitas konsumen tanpa emmperhatikan sisi bisnis mereka.

diharapkan memang kehadiran lembaga penjamin produsen UMKM ini menjalankan fungsi bisnis juga, mengendorse produk anggotanya secara objektif, untuk mengembalikan lagi kepercayaan masyarkat terhadap UMKM

sumber gambar : google

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY